TUGAS WAWASAN IPTEK "APLIKASI SIKDA GENERIK"

                                                                                            Nama   : Melkifo Rafles Unso
                                                                        NIM    : 15111101313
                                                                        Kelas   : S.05-AKK
                                                                        MK      : Wawasan IPTEK

Aplikasi SIKDA Generik adalah aplikasi sistem informasi kesehatan daerah yang berlaku secara nasional yang menghubungkan secara online dan terintegrasi seluruh puskesmas, dinas kesehatan dan Kementerian Kesehatan. Aplikasi SIKDA Generik dikembangkan dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan serta meningkatkan ketersediaan dan kualitas data dan informasi manajemen kesehatan melalui pemanfaatan teknologi informasi.
A.    SIMPUS
Simpus kepanjangan dari Sistem Infromasi Manajemen Puskesmas, dan merupakan program aplikasi yang didesain khusus untuk membantu memudahkan pencatatan data pasien, pengolahan dan penyajian data menjadi informasi dalam waktu yang cepat dan tepat.
a.       Mempermudah dan Mempercepat Pelayanan
b.      Merapikan pencatatan data pasien
c.       Memudahkan pencarian data pasien
d.      Memudahkan dan mempercepat pengolahan data untuk menjadi informasi dalam mendukung pengambilan kebijakan.
e.       Paperless
Adapun beberapa jenis aplikasi SIMPUS yaitu:
1.      SIMPUS Berbasis Deskop
Keunggulan :
·         Dapat berjalan dengan independen, tanpa perlu menggunakan browser.
·         Tidak perlu koneksi internet, karena semua file yang diperlukan untuk menjalankan aplikasinya sudah terinstall sebelumnya.
·         Dapat dengan mudah memodifikasi settingannya.
·         Prosesnya lebih cepat.
Kekurangan :
·         Apabila akan menjalankan aplikasi, harus diinstal terlebih dahulu di komputer.
·         Bermasalah dengan lisensi. Hal ini membutuhkan lisensi yang banyak pada setiap computer
·         Aplikasi tidak dapat dibuka di computer lain, jika belum diinstall
·         Biasanya memerlukan hardware dengan spesifikasi tinggi.

2.      SIMPUS Berbasia Web
Keunggulan :
·         Kita dapat menjalankan aplikasi berbasis web dimanapun kapanpun tanpa harus melakukan penginstalan.
·         Terkait dengan isu lisensi (hak cipta), kita tidak memerlukan lisensi ketika menggunakan web-based application, sebab lisensi telah menjadi tanggung jawab dari web penyedia aplikasi.
·         Dapat dijalankan di system operasi manapun. Tidak perduli apakah kita menggunakan linux, windows, aplikasi berbasis web dapat dijalankan asalkan kita memiliki browser dan akses internet.
·         Dapat diakses lewat banyak media seperti: computer, handheld dan handphone yang sudah sesuai dengan standard WAP.
·         Tidak perlu spesifikasi computer yang tingggi untuk menggunakan aplikasi berbasis web ini, sebab di beberapa kasus, sebagian besar proses dilakukan di web server penyedia aplikasi berbasis web ini.
Kekurangan :
·         Dibutuhkan koneksi intranet dan internet yang handal dan stabil, hal ini bertujuan agar pada saat aplikasi dijalankan akan berjalan dengan baik dan lancer.
·         Dibutuhkan system keamanan yang baik dikarenakan aplikasi dijalankan secara terpusat, sehingga apabila server di pusat down maka system aplikasi tidak bias berjalan.

3.      Simpuswangi Integrator
Simpuswangi integrator merupakan sistem infromasi yang berfungsi utama mengumpulkan/menampung data dari tiap puskesmas agar menjadi satu kesatuan informasi yang berguna bagi Dinas Kesehatan. Simpuswangi Integrator ini terdapat/terinstal di Dinkes banyuwangi.

4.      Simpuswangi Puskesmas
Simpuswangi Puskesmas merupakan sistem informasi yang berfungsi melakukan pencatatan  sekaligus pembuat pelaporan semua aktivitas pelayanan kesehatan di puskesmas, termasuk pelayanan luar gedung. Simpuswangi Puskesmas tentunya terinstal di tiap puskesmas.

5.      SIMPUS Trust Medis
Memudahkan mengelola pasien, khususnya yang menggunakan BPJS dan sudah sesuai dengan standar layanan kementrian kesehatan
·         Modul rawat jalan
·         Modul rawat inap
·         Modul penunjang medis
·         Integrasi SEP-BPJS


B.     SIMRS
Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) adalah sebuah sistem informasi yang terintegrasi yang disiapkan untuk menangani keseluruhan proses manajemen Rumah Sakit, mulai dari pelayanan diagnosa dan tindakan untuk pasien, medical record, apotek, gudang farmasi, penagihan,  database personalia, penggajian karyawan, proses akuntansi sampai dengan pengendalian oleh manajemen.
      Adapun beberapa jenis aplikasi SIMRS yaitu:
1.      Enterprise Hospital System
Keunggulan : 
·         Pencatatan akuntasi secara accrual
·         Pencatatan jasa layanan dengan multi tarif: berdasar perda dan KSO (Askes)
·         Mendukung integrasi dengan sistem luar seperti sistem ASKES
·         Fasilitas perhitungan unit cost
·         Perhitungan jasa pelaksana layanan dilakukan secara accrual
·         Antrian pasien tiap unit pelayanan otomatis berdasar kedatangan loket
·         Support Bridging dengan aplikasi SEP BPJS

2.      Fast SIM RS Mobile
Aplikasi ini meliputi :
·         Dashboard Admin
·         Modul Pasien
·         Modul Dokter
·         Modul Rawat Inap
·         Modul Apotik
·         Modul Akuntansi
·         Modul Obat
·         Modul Diagnosa
·         Modul Tindakan


3.      Smart Hospital
·         Portal Online RS
·         Penjadwalan Perjanjian di Poliklinik Cendana RS

4.      RPRS
·         Aplikasi ini untuk memudahkan pendaftaran/registrasi pasien. 
·         Rumah sakit dapat mempercepat proses pendaftaran dengan mengurangi waktu tunggu dan antrian pasien
·         Dokter dapat mengetahui real time jumlah kunjungan atau rencana kunjungan pasien yang berada di poliklinik atau tempat praktek 
·         Aplikasi ini dilengkapi dengan penyimpanan data asuransi sampai dengan 5 jenis pembiayaan, sehingga memudahkan pasien dalam memilih pembiayaan berobat baik dengan BPJS atau Asuransi lainnya.
·         Pasien dapat mengetahui riwayat penggunaan kartu asuransi atau riwayat kunjungan berobat pada fasilitas kesehatan.
·         Aplikasi ini dapat digunakan oleh setiap rumah sakit atau fasilitas kesehatan, dokter dengan menggunakan PC sebagai web service pendaftaran online.
·         Aplikasi RPRS ini dapat terhubung dengan aplikasi SIMRS Terintegrasi DJS 
·         Rumah sakit, fasilitas kesehatan, puskesmas, praktek dokter bersama, yang membutuhkan Aplikasi ini atau SIMRS Terintegrasi DJS dapat menghubungi kami.

5.      SIFaK-SPGDT
RSU Kota Tangerang Selatan saat ini merupakan satu-satunya RS pemerintah yang ada diwilayah Kota Tangerang Selatan yang menyandang kelas C berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. HK 02.03/I/1319/2015 tentang Penetapan Kelas Rumah Sakit Umum Kota Tangerang Selatan dan saat ini sedang serta terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan yang sesuai dengan standar akreditasi yang ditetapkan oleh Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Saat ini RSU Tangerang Selatan berusaha mendekatkan diri dengan masyarakat lewat aplikasi berbasis android yang di beri nama SIFaK - SPGDT (Sistem Informasi Fasilitas Kesehatan) RSU Kota Tangerang Selatan, diharapkan dengan kehadiran aplikasi ini dapat membantu masyarakat untuk lebih mudah mendapatkan akses informasi jenis pelayanan yang tersedia di RSU Kota Tangerang Selatan.

6.      SIMRS Khanza
Aplikasi ini memiliki berbagai keunggulan karena merupakan pengembangan dari SIMRS sebelumnya. Salah satu keunggulan yang berbeda dengan aplikasi lainnya yaitu aplikasi SIMRS Khanza ini gratis sehingga semua RS dapat menjangkau aplikasi ini hanya dengan memberikan sumbangan pendukung pengembangan aplikasi saja.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Administrasi Perbekalan

Analisis Tindakan Tidak Berintegritas Studi Kasus Dugaan Malpraktik dr. Ayu dkk di RSUP Kandou Malalayang, Manado